Kebakaran Melanda Ruko di Jalan Yosudarso, Agats, Asmat, Papua Selatan, Gedung Madrasah Ibtidaiyah Maarif Asmat digunakan sebagai posko pengunsian

Agats, 06 Juni 2023 – Sejumlah ruko di Jalan Yosudarso, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan, menjadi korban kebakaran yang terjadi pada hari Selasa, 06 Juni 2023. Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 9 pagi dan api baru berhasil dipadamkan pada pukul 11 siang setelah upaya pemadaman api  yang gigih.

Insiden kebakaran ini mengakibatkan 36 korban harus mengungsi dari tempat tinggal mereka yang terkena dampak langsung. Salah satu tempat pengungsian yang disediakan adalah gedung Madrasah Ibtidaiyah Maarif Asmat yang baru.

Kebakaran yang melanda ruko-ruko di Jalan Yosudarso ini menimbulkan kepanikan di kalangan warga sekitar. Api dengan cepat merambat dan membesar, mengakibatkan kerugian yang signifikan bagi pemilik ruko dan penduduk sekitar. Tanggap terhadap situasi darurat ini, Dinas Sosial Asmat mengambil keputusan untuk menggunakan gedung Madrasah Ibtidaiyah Maarif Asmat sebagai posko dinas sosial pengungsian sementara.

Gedung Madrasah Ibtidaiyah Maarif Asmat dipilih sebagai tempat pengungsian karena saat ini belum digunakan dalam proses belajar mengajar. Selain itu, letaknya yang tidak jauh dari lokasi kejadian memudahkan proses evakuasi dan memberikan tempat yang aman bagi para pengungsi.

Dinas Sosial Asmat bekerja sama dengan instansi terkait dan masyarakat setempat untuk menyediakan kebutuhan dasar dan pelayanan yang dibutuhkan oleh para pengungsi. Upaya dilakukan untuk memastikan para pengungsi mendapatkan tempat berlindung yang nyaman, makanan, air bersih, pakaian, dan layanan kesehatan yang memadai.

Penyebab pasti kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan oleh pihak berwenang. Tim investigasi akan melakukan evaluasi menyeluruh terkait penyebab kebakaran dan kerugian yang diakibatkannya. Langkah-langkah pencegahan lebih lanjut akan ditempuh untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.

Madrasah Ibtidaiyah Maarif Asmat berharap agar para pengungsi segera mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan dan dapat pulih dari kejadian ini. Masyarakat juga diimbau untuk saling mendukung dan memberikan bantuan kepada para korban kebakaran dalam proses pemulihan mereka.